Cara Install Vim Di Android


Dalam postingan ini saya akan berbagi cara install vim atau text editor yang berada dalam terminal. Disini kita akan install vim di android dengan sangat mudah, oke kalau begitu kita lanjut kebawah.

Vim adalah text editor yang menurut saya keren. Vim otomatis akan menyesuaikan sintax programing sendiri dan juga dengan tampilan yang sederhana yang membuat saya ingin terus menggunakannya. Saya menggunakan vim karena vim itu ringan dan sederhana namun untuk bisa mengoperasikannya diterminal kita harus menghafal perintah-perintahnya.

Oke kita langsung mulai langkah-langkahnya seperti yang sudah tertulis dibawah ini.

INSTALL VIM
1. Termux
Untuk installasi vim di android sangatlah mudah kita hanya membutuhkan terminal diandroid untuk menginstall vim. Terminal yang harus kita gunakan yang tak lain adalah termux. Kalian bisa mendapatkan terminal termux di playstore.

2. Install Vim
Setelah terminal termux berhasil terinstall pada android kalian maka selanjutnya kita langsung menginstall vim. Untuk installasi vim di android seperti biasa kita menggunakan perintah apt-get atau pkg install, contohnya adalah seperti berikut

apt-get install vim
atau
pkg install vim

Jika kalian sudah menulis perintah diatas kedalam termux kalian maka tekan enter dan termux memulai installasi vim. Installasi tentu tidak membutuhkan waktu yang lama karena ukuran vim ini tidak terlalu besar sehingga ringan saat dijalankan.

BUKA VIM
Setelah kalian melakukan installasi vim maka selanjutnya coba kalian buka vim namun jika kalian pemula dalam menggunakan vim yang pasti kalian tidak tahu cara membuka vim, maka cara membuka vim adalah dengan mengetik sebagai berikut

vim file.txt

Perintah diatas akan membuat file baru yang bernama file.txt namun jika file.txt sudah ada dalam lokasi memori saat ini maka perintah diatas akan membuka file yang bernama file.txt yang sudah ada.

Kemudian saat kalian ingin menulis text divim ketikan keyboard huruf i yang berarti memulai untuk menulis. Namun jika kalian ingin merubahnya untuk membaca saja maka bisa mengetikan tombol ESC dikeyboard.

Kemudian jika kalian telah menulis text kedalam file.txt pastinya kalian ingin menyimpan hasil tulisan tersebut dan keluar. Untuk melalukan itu sangatlah mudah kita hanya menggunakan perintah dikeyboard sebagai berikut

ESC :wq

Perintah diatas yang berfungsi untuk menyimpan file yang telah dibuat atau menyimpan tulisan kedalam file.

Namun jika kalian ingin membuat file bernama file.txt dan tidak jadi menyimpannya maka bisa mengetikan perintah sebagai berikut

ESC :qa!

Perintah diatas akan keluar dari vim tanpa menyimpan tulisan atau file.

Untuk perintah lainnya kalian bisa pelajari seperti yang sudah tertulis dibawah ini

- vim file.txt = untuk membuat file baru atau membuka file
- i = untuk memulai menulis
- ESC = membaca saja
- ESC :wq = untuk menyimpan file atau tulisan kemudian keluar
- ESC :qa! = untuk keluar dari vim tanpa menyimpan file atau tulisan
- :help version7 = untuk mengetahui versi vim, masuk ke vim dan ketik :help version7
- :help = untuk bantuan vim, masuk vim dan ketik :help

Begitulah pembahasan mengenai text editor vim, untuk kalian yang pemula bisa mencobanya sendiri menggunakan termux diandroid. Sangatlah mudah penggunaan vim yang bisa membuat ringan perkerjaan menulis sebuah catatan.

Terima kasih telah berkunjung dalam postingan ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.