Cara Install Java Di Android


Hallo dunia, dalam postingan yang sudah saya posting sebelumnya saya sudah berbagi cara install dan menjalankan bahasa pemrograman python, php dan bahkan menjalankan database sqlite atau pun mysql di smartphone android, namun dalam postingan kali ini saya akan berbagi tutorial cara menjalankan bahasa pemrograman java di smartphone android menggunakan termux, saya akan menunjukan langkah-langkahnya dan ikuti terus dibawah ini.

Kita sering mendengar seseorang bisa menjalankan bahasa pemrograman python dan php atau yang lainya di android dengan mudah namun kita jarang mendengar seseorang bisa menjalankan bahasa pemrograman java di android karena beberapa alasan mengatakan bahwa java tidak mendukung untuk bisa dijalankan di android dan terasa berat namun tidak untuk postingan ini karena saya seorang diri telah mencobanya dan berhasil.

Memang rata-rata java sangat banyak dijalankan di komputer atau laptop karena itu sudah standar namun tidak ada salahnya mencoba menjalankan java di android dengan termux.

Oke kita langsung mulai langkah-langkahnya dibawah ini, simak baik-baik agar tidak bingung.

1. Termux
Pertama yang dibutuhkan adalah termux dan itu pasti karena kita akan menjalankan java melalui termux. Kalian bisa mendapatkan termux di playstore namun jika kalian ingin membaca selebihnya tentang termux bisa langsung baca di postingan saya disini.

2. Install Packages
Tentu kita akan menginstall java packages sebelum kita bisa menjalankannya. Install java packages di termux dengan mengetik sebagai berikut

$ pkg install ecj dx 

3. Buat Folder
Agar file java tidak menyebar alangkah baiknya kalian buat folder terlebih dahulu dan disini saya berikan nama folder sebagai Hello namun jika kalian tidak ingin membuat folder maka tidak masalah dan kita masuk ke tahap berikutnya.

4. Buat File Java
Tentu sebelum bisa menjalankan java kita harus membuat file java terlebih dahulu. Buatlah file java dan disini saya berikan nama Hello.java dan simpan.

5. Tulis Script Java
Kemudian tulis script java dalam file bernama Hello.java yang sudah kita buat, berikut scriptnya

public class Hello {
  public static void main(String[] args) {
    System.out.println("Hallo, w3wandroid.blogspot.com!");
  }
}

6. Jalankan Java
Jika kalian sudah menulis dan menyimpan script java dalam file Hello.java seperti di atas maka selanjutnya kita bisa menjalankan java namun kalian harus berada dalam directory file java dan kemudian jalankan dengan perintah sebagai berikut

$ ecj Hello.java

Perintah diatas akan membuat file bernama Hello.class, lanjutkan mengetik perintah seperti dibawah ini

$ dx --dex --output=Hello.dex Hello.class

Perintah diatas akan membuat file bernama Hello.dex dan perintah yang terakhir bisa diketikan seperti dibawah ini

$ dalvikvm -cp Hello.dex Hello

Perintah diatas akan mencetak tulisan yang sudah ditulis dalam string seperti yang kalian lihat diatas bahwa tulisannya adalah

Hallo, w3wandroid.blogspot.com!

Jadi itulah cara menjalankan java di android menggunakan termux. Walaupun saya tidak familiar dengan java namun tidak masalah jika saya mencoba berbagi tentang tutorial java walau hanya sebatas cara menjalankannya di android wkwkwkwk.

Demikian postingan kali ini dan mohon dimaafkan jika ada suatu kesalahan yang tidak disengaja. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.