Cara Install Nano Di Android


Dalam postingan saya kali ini akan memberikan cara install text editor nano di android. Bagi kalian sebagai pemula atau tidak terbiasa dengan teks editor seperti vim dan lain sebagainya bisa belajar dan menggunakan nano. Namun jika kalian ingin menginstall vim di android maka dalam postingan sebelumnya sudah saya posting mengenai cara install vim di android dan kalian bisa membacanya.

APA NANO?
Nano adalah teks editor yang mudah digunakan dan sederhana. Nano digunakan untuk menulis teks karena nano adalah teks editor. Kalian bisa menulis teks dengan nano, mengedit teks dan lain sebagainya.

Oke itulah nano, saya rasa sekarang kalian sudah mengerti apa itu nano. Jika kalian sudah mengerti apa itu nano maka selanjutnya kita akan menginstall nano di android dengan cara seperti dibawah ini.

INSTALLASI NANO DI ANDROID
1. Termux
Tentu kalian harus memiliki aplikasi termux untuk bisa menginstall teks editor nano di android. Jika kalian belum memiliki termux, kalian bisa mendapatkannya di playstore.

2. Install Nano
Jika kalian sudah memiliki termux, sekarang saatnya untuk menginstall nano di termux dengan cara mengetik

pkg install nano

Tunggu beberapa saat untuk termux memulai menginstall nano. Installasi tidak membutuhkan waktu yang lama jadi tunggulah sebentar.

JALANKAN NANO
Setelah melakukan installasi nano di termux maka selanjutnya coba kalian jalankan nano dengan cara mengetik di termux

nano file.txt

Bisa kalian lihat bahwa perintah di atas akan membuat file bernama file.txt namun perintah di atas bisa juga untuk membuka file.

Kemudian jika kalian sudah menulis dan ingin menyimpan file bisa mengetikan perintah ctrl + x dan tekan y dan enter maka akan keluar dari nano dan menyimpan file. Sebaliknya jika kalian tidak ingin menyimpan file bisa mengetikan perintah ctrl + x dan tekan n dan tekan enter.

PERINTAH NANO
Kemudian dibawah ini adalah perintah-perintah nano yang bisa kalian gunakan untuk belajar maupun mengoperasikan teks editor nano.

- nano file.txt = membuat atau membuka file dengan nano
- ctrl + x = keluar dari nano
- ctrl + w = pencarian kata
- ctrl + g = untuk melihat perintah-perintah nano
- ctrl + r = membaca file

Masih banyak perintah lainnya yang bisa kalian pelajari dengan mengetik ctrl + g di nano namun perintah-perintah nano yang sudah saya tulis diatas bisa untuk mengoperasikan nano secara normal.

Demikian postingan saya kali ini, semoga bisa membuat kalian memahami dan belajar teks editor nano. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.