Cara Mencegah Serangan Exploit


Hey teman-teman semuanya kembali lagi bertemu bersama saya disini, dalam postingan ini saya akan membahas mengenai cara mencegah atau mengamankan sistem pada smartphone android dari serangan metasploit, trojan, rat atau sebagainya.

Oke kita semua juga tahu bahwa jenis-jenis serangan seperti yang sudah saya tulis di atas merupakan serangan yang cukup berbahaya karena jika itu terjadi pada sistem kalian maka kalian harus cepat mencegahnya sebelum kalian kehilangan sistem yang kalian miliki.

Baiklah kita mulai penjelasan mengenai cara mencegah serangan metasploit pada smartphone android, baca terus di bawah ini dengan teliti.

1. Jangan Download
Jangan download maksudnya adalah ketika kalian menemukan sebuah aplikasi asing yang tidak tersedia dalam playstore android maka janganlah mendownloadnya karena mungkin saja itu adalah sebuah aplikasi untuk melancarkan serangan rat atau bisa disebut Remote Access Trojan pada perangkat yang kalian miliki.

Kita semua juga tahu bahwa semua aplikasi android yang bebas dari serangan-serangan atau virus tersebut hanya tersedia dalam playstore android, maka dari itu download lah aplikasi android hanya dari playstore.

2. Cegah Langsung
Jika mungkin kalian sudah terlanjur mendownload aplikasi asing yang tidak biasa maka copotlah aplikasi tersebut dari perangkat android kalian, karena saat kita mencopot suatu aplikasi android yang telah di tanam trojan maka akses trojan ke sistem kita akan hilang.

3. Nonaktifkan Data Internet
Mungkin ada beberapa di antara kalian semuanya saat menginstall suatu aplikasi android tetap mengaktifkan data internet, itu memang sangat tidak masalah jika aplikasi yang telah kita download memang berasal murni dari playstore, namun jika aplikasi itu asing maka non aktifkanlah data internet kalian.

4. Pasang Antivirus
Memasang anti virus juga sangat di perlukan karena anti virus juga bisa mendeteksi ketika kita memasang suatu aplikasi android yang telah ditanami virus.

5. Pasang Firewall
Selain anti virus, firewall juga merupakan aplikasi yang sangat penting, karena firewall bisa mencegah akses suatu sistem melalui jaringan internet, untuk lebih lengkapnya tentang firewall android silahkan baca disini.

6. Perhatikan Ikon Aplikasi
Kemudian setelah kalian juga terlanjur memasang suatu aplikasi asing maka perhatikanlah ikon aplikasi yang telah kalian pasang di daftar menu kalian.

Jika aplikasi asing yang telah kalian install tidak muncul maka segeralah mencopotnya, karena rata-rata serangan exploit atau rat memang dengan cara menyembunyikan ikon aplikasi agar tidak ketahuan.

7. Factory Reset
Jika perangkat smartphone android kalian sudah terlanjur tekena serangan exploit dan tidak bisa di hapus secara permanen maka satu-satunya jalan untuk membersihkanya adalah dengan cara reset ke pabrik atau factory reset, karena jika tidak maka perangkat kalian akan terus bisa dikendalikan oleh penyerang.

Mungkin ketujuh cara di atas bisa mengatasi atau menghilangkan serangan exploit atau trojan pada smartphone android atau mungkin jika kalian memiliki cara lain maka silahkan lakukan dengan cara kalian sendiri.

Demikian postingan kali ini, mohon maaf jika ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.