Cara Install Ubuntu Di Android


Selamat datang kembali ke blog Ilmu Teknologi Android teman-teman, dalam postingan ini saya akan mencoba membahas cara installasi ubuntu di android menggunakan termux, namun hanya menginstall lingkunganya saja bukan tampilan.

Dalam beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas cara-cara intallasi kalilinux di smartphone android, mungkin teman-teman semuanya ada yang belum tahu mengenai itu, namun jika ingin membacanya silahkan klik disini.

Oke sebelum kita masuk ke tahap installasi ubuntu pada termux di android maka alangkah baiknya membaca sedikit tentang apa itu ubuntu.

Apa Ubuntu?
Ubuntu itu adalah distribusi linux yang tentunya berbasis debian, karena ubuntu ini merupaka ditribusi linux maka tentu saja ubuntu itu bersifat open source atau sumber terbuka seperti halnya kalilinux.

Ubuntu sangat banyak sekali dipakai oleh para pengembang yang sistemnya ingin sedikit aman, Ubuntu juga mudah digunakan untuk para pemula yang ingin mencobanya.

Tentu dengan ubuntu kalian bisa memodifikasi program-program apa pun yang kalian mau karena ubuntu ini seperti yang sudah di tulis di atas yaitu sumber terbuka dan tentunya juga ubuntu gratis sehingga saat kita ingin menginstallnya tidak perlu membayar.

Kemudian ubuntu ini juga bukan hanya tersedia pada perangkat komputer, namun untuk perangkat android juga kalian bisa menginstall ubuntu secara mudah karena ubuntu ini sangat ringan saat digunakan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai ubuntu, mungkin sekarang teman-teman bisa menjadi sedikit mengerti tentang ubuntu, dan jika sudah mengerti maka kita langsung menlanjutkan installasinya.

1. Termux
Tentu jika kalian ingin menginstall lingkungan ubuntu di android kalian maka kalian bisa menggunakan termux, kalian bisa mendapatkan termux melalui playstore dan jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang termux maka bisa langsung membacanya disini.

2. apt-get update dan upt-get upgrade
Jika kalia telah selesai atau sudah memiliki termux pada perangkat android kalian maka selanjutnya adalah membuka termux dan ketikan apt-get update dan enter, setelah selesai langsung melanjutkan dengan mengetik apt-get upgrade dan enter, ini akan memperbarui daftar repository.

3. Install Git
Kemudian jika langkah di atas sudah berhasil maka selanjutnya adalah menginstall git, karena kita akan menclone sebuah tool untuk menciptakan lingkungan ubuntu pada termux android maka kita bisa menclone tool ubuntu di github melalui termux, install git dengan cara mengetik pkg install git dan enter.

4. Install wget dan proot
Untuk melengkapi installasi maka setelah kalian menjalankan perintah di atas, kalian bisa langsung install wget dan proot dengan cara mengetik apt-get install wget dan enter, kemudian setelah selesai lanjut dengan mengetik apt-get install proot dan enter.

5. Clone Ubuntu
Oke setelah kalian selesai semuanya maka selanjutnya adalah kalian harus menclone tool ubuntu dari github dengan cara mengetik git clone https://github.com/Neo-Oli/termux-ubuntu.git, perintah ini akan menclone tool ubuntu dari github agar kita bisa melakukan installasi ubuntu pada termux android.

6. Ubah Permission
Setelah selesai mengclone kemudian masuklah ke folder ubuntu yang tadi sudah di clone dengan cara mengetik cd termux-ubuntu dan enter, kemudian lanjut dengan mengetik chmod +x ubuntu.sh, perintah ini akan mengubah permission pada file ubuntu.sh.

7. Jalankan File ubuntu.sh
Jika permission sudah di ubah maka kalian bisa melanjutkan ke langkah menjalankan file ubuntu.sh dengan cara mengetik ./ubuntu.sh dan enter, ini akan menginstall ubuntu pada termux di android kalian, kecepatan installasi tergantung koneksi internet kalian.

8. Jalankan Ubuntu
Setelah selesai semuanya kalian bisa langsung menjalankan ubuntu pada termux di perangkat android kalian dengan cara mengetik ./start.sh, perintah ini akan menjalankan ubuntu pada termux di perangkat android kalian.

Dan lihat sekarang lingkungan ubuntu telah berjalan pada termux di perangkat android kalian, kalian bisa mencoba melakukan installasi paket atau package ubuntuk sesuai keinginan kalian.

Saat termux pada perangkat snartphone android kita sudah terinstall ubuntu maka ketika kita ingin keluar dari lingkungan ubuntu hanya mengetik exit atau menutup terminal maka secara otomatis akan menutup lingkungan ubuntu.

Itulah cara-cara install lingkungan ubuntu pada termux di perangkat android kalian, mungkin postingan ini bisa menjadi sedikit membantu dalam installasi ubuntuk di termux android.

Mohon maaf bila ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna dan jangan lupa untuk saling berbagi ilmu kepada teman-teman atau orang-orang lainya.

Semoga bisa menjadi bermanfaat bagu teman-teman semuanya, sekian dan terima kasih.