Cara Membuat Teks Berjalan Dengan Python


Hallo teman-teman w3wandroid berjumpa kembali dalam blog Ilmu Teknologi Android, sudah banyak tutorial yang sudah saya posting di blog Ilmu Teknologi Android dan sekarang ini saya posting tutorial lagi namun tutorial kali ini adalah tentang membuat teks berjalan otomatis pada terminal.

Saya jelaskan terlebih dahulu maksud teks berjalan otomatis pada terminal adalah kita hanya memasukan teks yang ingin di jalankan pada terminal atau termux android dan juga kita bisa edit waktu cepat atau lambatnya teks berjalan sesuai keinginan kita.

Mungkin teman-teman bingung seperti apa kinerjanya, jadi gini misal di layar televisi atau layar lainya ada sebuah teks yang berjalan tanpa di ketik dan kita hanya bisa menontonya saja nah itu maksudnya.

Tentu saja kita menggunakan script untuk bisa menjalankan teks agar berjalan sendiri dan script itu pun di buat menggunakan bahasa pemrograman python jadi bisa dengan mudah ketika kalian ingin memodifikasi script python agar bisa berjalan sesuai keinginan kalian.

Oke lah kalau kalian masih bingung seperti apa itu teks yang berjalan dengan sendirinya di terminal atau termux android maka simak baik-baik langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

1. Install Python
Tentu untuk bisa membuat teks berjalan di terminal atau termux android maka kalian harus menginstall bahasa pemrograman python, karena script teks berjalan yang saya bagikan ini di buat menggunakan bahasa pemrograman python maka kalian harus menginstall python, cara install python bisa kalian baca disini.

2. Buat File Python
Jika python sudah terinstall pada terminal atau termux kalian maka selanjutnya adalah kalian buat file python dengan nama terserah kalian dan bereksistensi .py, contohnya file.py dan simpan.

3. Script Python
Jika kalian sudah membuat file python kosong yang bereksistensi .py maka copy dan paste script di bawah ini ke dalam file python kalian dan kemudian simpan

import random
import sys
import time
def mengetik(s):
    for c in s + '\n':
        sys.stdout.write(c)
        sys.stdout.flush()
#kecepatan mengetik
        time.sleep(random.random() * 0.1)
#ubah angka 0.1 sesuai keinginan kamu
#angka terkecil adalah yang paling cepat
#angka terbesar adalah yang paling lambat
mengetik('hallo teman-teman w3wandroid\nselamat belajar dalam blog ilmu teknologi android\nterima kasih.')

4. Jalankan
Sekarang coba kalian jalankan file python yang sudah di beri script seperti yang sudah di tulis di atas, jalankan dengan mengetik python file.py dan lihatlah tulisan itu berjalan dengan sendirinya.

EDIT
Untuk mengedit seperti menambahkan tulisan atau juga menambahkan waktu berjalan dan waktu berkurang maka kalian bisa lanjut baca langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Edit Tulisan
Buka file python yang sudah kalian masukan script di atas dan edit tulisan di bagian tanda kurung atau garis paling akhir, edit atau tambahkan tulisan yang kalian mau, jangan menghilangkan string atau tanda petik yang pertama dan terakhir ('string') tapi hilangkan tulisanya saja dan untuk setiap spasi bisa menggunakan tanda \n.

2. Edit Waktu
Kalian bisa mengedit waktu teks yang berjalan dengan cara mengubah angka 0.1 menjadi angka yang kalian mau, jika angka semakin kecil maka akan semakin cepat tulisan itu berjalan dan jika angka semakin besar maka akan semakin lambat berjalan.

Contohnya dengan membuat teks berjalan lambat maka ubah angka 0.1 menjadi 0.5 maka teks yang berjalan akan melambat, dan untuk mempercepat teks berjalan maka ubah 0.1 menjadi 0.01 dan teks akan berjalan sangat cepat.

Begitulah cara membuat teks berjalan di terminal atau termux, kalian bisa juga memodifikasinya sesuai keinginan kalian namun tentunya kalian harus memahami terlebih dahulu bahasa pemrograman python.

Demikian postingan kali ini, mohon maaf jika ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna.

Semoga bisa menjadi bermanfaat bagi kalian semuanya, sekian dan terima kasih.