Cara Membuat Form PHP Di Android


Hallo teman-teman semuanya bertemu lagi bersama saya, dalam postingan ini saya akan membahas mengenai cara pembuatan inputan sebuah form html dan menyimpan hasil inputan form html tersebut ke dalam sebuah file menggunakan bahasa pemrograman php di smartphone android, silahkan baca dengan teliti sehingga agar tidak kebingungan nantinya.

Kita bisa menjalankan bahasa pemrograman php di smartphone android untuk membuat web dengan localhost atau membangun dasar sebuah web, dengan android kita jadi lebih mudah untuk bisa belajar tentang pembuatan website dengan php.

Oke kita langsung mulai saja tutorialnya dan simak baik-baik agar bisa cepat dimengerti.

1. Termux
Kita harus menginstall termux pada smartphone android kita yang akan kita gunakan untuk menjalankan php dan juga membangun sebuah website, kalian bisa mendapatkan termux di playstore namun jika kalian ingin membaca selebihnya tentang termux maka silahkan baca disini.

2. Install PHP
Jika smartphone yang kalian miliki sudah terinstall termux maka sekarang adalah saatnya menginstall php namun installasi php di smartphone android sudah saya jelaskan di tutorial sebelumnya atau bisa langsung kalian baca disini.

3. Buat Folder
Jika installasi php sudah selesai kemudian buatlah folder, disini saya coba membuat folder dalam sdcard saya dan nama folder terserah kalian saja.

4. Buat File HTML
Buatlah file html dengan nama index.html di dalam folder yang sudah kalian buat tadi, di bawah ini contoh isi file index.html

<!DOCKTYPE html>
<head>
<title>Form</title>
<meta name="viewport" content="width=device-width; initial-scale=1.0; maximum-scale=1.0;">
<link href="style/css/bootstrap.css" rel="stylesheet" media="all">
<link href="style/css/bootstrap.min.css" rel="stylesheet" media="all">
 <link href="style/css/style.css" rel="stylesheet" media="all">
</head>
<body>
<nav class="navbar-inverse navbar-fixed-top">
<div class="container-fluid">
<h2 style="color: white;">Form</h2>
</div>
</nav>
<div class="container">
<div style="padding-top: -60px;"></div>
<h1 style="text-align: center;">Form</h1>
<hr>
<div style="padding: 30px;"></div>
<form action="proses_index.php" method="POST">
<input type="text" name="username" class="form-control">
<input type="password" name="password" class="form-control">
<input type="submit" class="btn-primary btn-block" value="Send">
</form>
</div>
</body>
</html>

Penjelasan kode di atas adalah saat kita mengisi semua form dan menekan tombol kirim maka action="proses_index.php" akan mengirim ke file proses_index.php dan memprosesnya, ketika kita tidak mengisi apa pun dalam form maka form akan menampilkan pesan required dan tidak mengirim apa pun.

5. Siapkan Bootstrap
Kemudian untuk file bootstrap kalian bisa download di situs bootstrap dan untuk file css nya simpan dalam folder style/css/style.css yang berada dalam folder php dengan isian sebagai berikut

h2
{
position: relative;
bottom: 5px;
left: -5px;
}

6. Buat File PHP
Kemudian buatlah file bernama proses_index.php di dalam folder php yang terdapat file index.html tadi dengan kode script php sebagai berikut

<?php
$username = $_POST['username'];
$password = $_POST['password'];
$hasil = "\nUsername: ".$username."\nPassword: ".$password."\n";
$buka = fopen('hasil.txt', 'a');
fwrite($buka, $hasil);
fclose($buka);
include('index.html');
?>

Dalam file proses_index.php kita membuat variable dengan nama $username yang menangkap form input dengan name="username" dan variable $password yang menangkap form input dengan name="password" kemudian kita simpan nilai dalam sebuah variable $username dan $password ke dalam variable baru yaitu $hasil, variable hasil ini yang menyimpan nilai form username + form password.

Kemudian kita buat sebuah file baru dengan perintah php di atas yaitu $buka = fopen('hasil.txt', 'a'); perintah ini adalah perintah untik membuka atau membuat file bernama hasil.txt dan a adalah append untuk menambahkan tulisan, jika di dalam file sudah terdapat tulisan maka tambahkan.

Dalam baris selanjutnya fwrite($buka, $hasil); adalah menulis ke dalam file yang sudah kita buat dan memasukan nilai dari inputan form yang sudah kita simpan ke dalam variable $hasil.

Perintah fclose($buka); adalah perintah untuk menutup file hasil.txt setelah membuat atau membukanya, dan fungsi include adalah untuk memasukan kembali file index.html ke dalam file proses_index.php sehingga kita tidak perlu menulis ulang.

7. Jalankan PHP
Setelah selesai semuanya kemudian kita coba jalankan php menggunakan termux namun sebelum itu kalian harus masuk ke dalam folder php terlebih dahulu dengan mengetik cd /storage/sdcard0/php dan setelah kalian masuk ke folder php sekarang jalankan php dengan mengetikan di termux php -S localhost:8080 -t . maka php mulai berjalan dan coba buka browser chrome kalian kemudian ketikan di url di browser kalian localhost:8080, jika tampil seperti gambar di atas maka kalian berhasil dan silahkan mencobanya.

Untuk melihat hasil inputan form kalian bisa membuka localhost:8080/hasil.txt maka browser akan menampilkan isi dari file hasil.txt tersebut.

Begitulah cara-cara membangun sebuah website dengan php di android, jika kalian merasa bingung coba baca ulang namun bagi seseorang yang sudah biasa akan terasa asik sekali.

Demikian postingan kali ini, mohon maaf bila ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.