Terminal Emulator Android


Hallo teman-teman semuanya, tentunya pasti kabar kalian pasti baik-baik saja, bertemu lagi dengan saya yang akan selalu posting artikel mengenai ilmu teknologi android, tentunya karena sekarang adalah jaman android maka tidak salahnya jika kita saling tukar ilmu teknologi android.

Saya selalu akan membahas tentang Ilmu Teknologi Android atau pun internet karena saya suka tentang hal itu dan tentunya hal itu kini telah menjadi aktivitas kesukaan yang saya lakukan dalam sehari-hari.

Baik, dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang terminal untuk os android 5.0 ke bawah, ya mungkin ini yang kalian tunggu-tunggu karena dalam tutorial sebelumnya saya sudah posting tentang terminal untuk android 5.0 ke atas atau bisa lihat DISINI.

Namun postingan sekarang adalah tentang terminal untuk os android 5.0 ke bawah, wah mungkin asik yah kalau os android 5.0 ke bawah memiliki terminal, dan pastinya kita juga bisa menjalankan perintah seperti halnya pada komputer atau pun laptop.

Jangan khawatir smartphone android kalian tidak memiliki sebuah terminal karena memang sudah ada banyak sekali terminal yang bisa di pasang di masing-masing smartphone android, seperti dalam postingan ini contohnya.

Ok, nama aplikasi terminal yang digunakan dalam os android 5.0 ke bawah adalah terminal emulator, tentunya kalian bisa download melalui playstore, walau pun tidak selengkap termux, namun setidaknya kita bisa menjalankan beberapa perintah dalam terminal emulator.

Terminal emulator yang bisa digunakan untuk os lolipop ke bawah ini memang sangat ringan dan ukuran aplikasinya juga kecil, kalian tidak perlu menginstall package pada terminal ini namun kalian bisa menjalankan beberapa perintah terminal seperti halnya terminal.

Coba buka aplikasi terminal emulator yang sudah di download di playstore, kemudian disana akan terlihat username smartphone kalian, namun jika smartphone kalian sudah di root maka ketikan su dan enter kemudian akan muncul izin root dan klik izin jika smartphone kalian sudah di root dan disana akan terlihat tulisan root yang mengganti user smartphone di terminal emulator.

Untuk mengecek suatu koneksi internet sama halnya dengan termux atau terminal di komputer, nyalakan koneksi internet dan ketikan ping google.com kemudian enter maka akan muncul beberapa paket yang berjalan.

Nah disini saya akan coba melihat ip saya dengan mengetik perintah netstat dan enter maka akan muncul alamat ip, namun contoh disini saya tidak mengatifkan koneksi internet dikarenakan nanti ip saya dibaca para pembaca hehehehe.

Masih banyak yang bisa dilakukan di terminal emulator, namun untuk menginstall sebuah package harus dilakukan secara manual, tidak bisa secara otomatis melakukan installasi package, namun terminal emulator bisa juga seperti terminal lainya, namun jika kalian suka oprek-oprek pasti bisa install package di terminal emulator.

Nah jadi bagaimana nih, masih banyak juga kekurangan yang dimiliki terminal emulator tapi setidaknya smartphone android kita memiliki sebuah terminal sama seperti halnya terminal pada komputer atau pun laptop, dengan beberapa perintah seperti di atas kalian bisa menjalankanya.

Silahkan di coba di smartphone android kalian masing-masing, demikian postingan kali ini, jika ada suatu kesalahan dalam penjelasan mohon dimaafkan.

semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya dan jangan lupa saling sharing kepada yang lainya, sekian dan terima kasih.