Aplikasi programing python di android


Python merupakan bahasa pemrograman yang sangat powerfull dan juga sintax nya yang mudah di baca untuk para pemula yang belum terbiasa membaca atau melihat suatu sintax atau kode program.

Python sangat cocok sekali untuk para pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman, dengan python yang merupakan bahasa pemrograman yang powerfull dan sintax nya mudah di baca kita hanya harus fokus ke logika pemrograman.

Dalam tutorial sebelum dan sebelumnya sudah saya sharing mengenai cara install python menggunakan termux di android atau bisa kalian lihat DISINI namun itu menggunakan sebuah terminal untuk melakukan installasi dan menjalankanya.

Bagi saya untuk seorang pemula yang ingin mempelajari bahasa pemrograman python ini di haruskan untuk belajar dari IDE python saja dan bukan dari terminal atau console, karena itu akan sangat membuat bingung para pemula python dan juga akan sedikit berbeda dengan menggunakan IDE dan terminal.

Dalam postingan ini saya akan memakai IDE python yang bisa di miliki di android yaitu tentu saja kita harus memakai aplikasi android untuk bisa menjalankan python di android, dan nama aplikasi IDE python di android adalah QPython3 bisa kalian download di play store, namun juga terdapat QPython yang merupakan versi 2++ dan QPython3 merupakan versi python 3++.

Saya lebih suka memilih QPython3 di bandingkan dengan QPython karena saya selalu ingin update, kemudian jika kalian sudah selesai mendownload aplikasi yang sudah saya sertakan di atas di play store kemudian coba buka aplikasi QPython3.

Di atas kalian bisa lihat tampilan dari aplikasi ini, ada sebuah tombol besar di tengah-tengah itu untuk beberapa menu, terdapat juga console, editor, program dan community, jika kalian ingin mengetikan script python kalian bisa masuk ke editor.

Jika kalian ingin mengetik script python di console maka klik console seperti gambar di atas namun saya sarankan untuk yang belum familiar dengan console silahkan masuk ke editor.

Berikut ini merupakan sebuah gambar editor script python dan warna latar belakang juga bisa di ganti dengan masuk ke setting kemudian disini dalam bagian program kalian akan melihat banyaknya contoh script python yang bisa di pelajari untuk cukup bisa memahami script python.

Kalian bisa menggunakan console dan pip untuk installasi sebuah package, saya juga pernah menginstall sebuah framework flask dengan aplikasi ini menggunakan pip dan kemudian berhasil.

Kalian bisa coba sendiri di smartphone android kalian sendiri dan di bawah ini merupakan contoh web yang terdapat pada aplikasi QPython3.

Demikian aplikasi python3 di android, untuk kalian yang belum familiar dengan python atau masih pemula silahkan mencoba ini terlebih dahulu agar nanti nya bisa mudah dan lancar dalam mengetik python.

Mohon di maafkan jika ada sebuah kekurangan atau kesalahan dalam penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna.

Jangan lupa untuk saling sharing agar bisa membantu orang lainya untuk bisa belajar python di android dan juga semoga saja bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.