Cara menjalankan framework django di android


Hallo semuanya, berjumpa lagi dengan saya, dalam postingan ini saya akan sharing cara menjalankan framework django di android, dalam postingan sebelumnya saya sudah membahas cara menjalankan framework flask di android atau kalian bisa langsung baca DISINI.

Sedikit tentang django, django adalah kerangka kerja web dalam bahasa pemrograman python yang digunakan untuk membuat sebuah website, dengan django kita tidak membuat sebuah website dari nol karena susunan folder dan file django memang sudah tersusun rapi.

Django yang merupakan kerangka kerja dalam bahasa pemrograman python sangat banyak diminati tentunya oleh para python web developer, karena memang dengan django yang sudah terbukti bisa membuat website besar yang bisa diandalkan, banyak juga contoh-contoh website besar dan terkenal yang di buat menggunakan python django yaitu salah satunya adalah instagram.

Jika diantara kalian ingin membuat sebuah website yang besar, tidak ada salahnya untuk menggunakan django, namun jika kalian hanya ingin membuat proyek web kecil-kecilan pakailah framework seperti flask dan lain-lain karena agar modul-modul yang ada di django tidak mubazir.

Maaf nih, basa-basinya panjang juga yah ternyata, tidak masalah, namanya aja penjelasan biar para pembaca tahu apa itu django, dan kalau misal tanpa penjelasan bagaimana mau bisa?
ok sekarang langsung mulai saja.

1. Seperti biasa kalian hanya membutuhkan terminal untuk android yaitu termux, kalian bisa download di play store gratis, karena termux ini sangat lengkap dan tidak seperti terminal android yang lainya, untuk selebihnya tentang termux bisa baca DISINI.

2. Setelah kalian download termux di play store, buka dan kemudian perbarui repository dengan mengetik apt-get update dan juga apt-get upgrade.

3. Setelah itu install python, untuk menginstall python sudah saya posting di blog ini atau bisa langsung baca di cara install python di android.

4. Setelah python terinstall kemudian langsung menginstall django dengan cara mengetik pip install django, tunggu hingga proses installasi selesai, untuk penginstallan package tentunya membutuhkan koneksi internet.

5. Jika sudah terinstall coba cek versi dengan mengetik python -m django --version, disini versi django yang saya miliki adalah 1.11.7.

6. Nah sekarang coba buat direktori django dengan mengetik django-admin startproject mydjango, kemudian akan membuat sebuah direktori project bernama mydjango.

7. Kemudian coba jalankan server django di termux dengan masuk ke direktori folder yang sudah di buat tadi dan ketikan python manage.py runserver, maka server pengembangan django mulai berjalan.

8. Dan yang terakhir coba buka browser kemudian ketikan localhost:8000, karena server pengembangan django menggunakan port 8000 dan lihat hasilnya, jika browser android kalian menampilkan tulisan its work yang berarti django sudah berhasil dijalankan dan sekarang kalian bisa membuat projek django di android sesuka hati kalian.

Saya anggap kalian sudah familiar dengan django sehingga bisa melakukan installasi dan menjalankan django dengan mudah, juga tentunya agar tidak bingung tentang django.

Oke, saya rasa cukup mengenai cara menjalankan django di android, jika ada suatu kesalahan dalam penjelasan mohon di maafkan karena tidak ada manusia yang sempurna.

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca dan silahkan saling sharing agar yang lain juga ikut belajar, sekian dan terima kasih.