Cara Menjalankan CodeIgniter Di Android


Selamat datang kembali para pembaca setia yang selalu hadir dalam blog Ilmu Teknologi Android, sekarang saatnya saya untuk memberikan tutorial cara menjalankan codeigniter di android, kalian pasti sudah mengerti apa itu codeigniter namun jika belum silahkan lanjutkan membaca di bawah ini.

CodeIgniter merupakan sebuah framework yang berasal dari bahasa pemrograman php, codeigniter merupakan sebuah framework yang berjenis MVC yaitu model, view dan controller, dilengkapi file dan folder yang sudah tersusun rapi jadi kita tidak perlu menyusun folder atau file namun kalian hanya langsung mengatur settingan saja.

Sudah banyak yang menggunakan framework codeigniter dalam negeri kita sendiri karena mungkin merupakan framework pilihan yang bisa terbilang keren bahkan saya pun telah mencobanya dan ternyata memang sangat cocok sekali untuk membangun sebuah website yang dinamis.

Ok jika kalian sudah tidak sabar ingin tahu seperti apa atau bagaimana cara menggunakan codeigniter di smartphone android, silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Pertama, kalian harus menginstall bahasa pemrograman php karena jika kalian ingin menjalankan codeigniter maka install php terlebih dahulu karena codeigniter dikhususkan untuk bahasa pemrograman php dan jika kalian ingin mengetahui cara install php di smartphone android bisa langsung baca disini.

Kedua, kalian harus memiliki codeigniter atau kalian bisa langsung download di situs codeigniter, saya menggunakan codeigniter versi 3.1.6 mungkin karena saya ingin selalu update.

Ketiga, kalian juga harus mendownload suatu aplikasi yang akan digunakan sebagai web server php dan codeigniter karena jika tanpa web server maka php dan codeigniter tidak akan bisa dijalankan, nama aplikasi yang kalian butuhkan untuk dijadikan web server adalah KickWeb Server dan kalian bisa langsung download di playstore.

Keempat, jika apa yang sudah saya tulis seperti di atas telah kalian miliki maka selanjutnya kalian extract file codeigniter.zip kemudian dalam sdcard atau memory internal kalian cari folder bernama htdocs yang merupakan sebuah folder aplikasi KickWeb Server yang sudah terinstall, kemudian copy dan pastekan file codeigniter yang sudah di extract tadi ke dalam folder htdocs.

Kelima, Setelah kalian melakukan langkah-langkah seperti di atas maka selanjutnya adalah kalian harus mengaktifkan web server pada aplikasi KickWeb Server, jika web server sudah aktif maka sekarang saatnya untuk membuka browser dan ketikan localhost:8080/codeigniter/index.php dan jika kalian melihat tulisan welcome berarti itu tandanya codeigniter telah berjalan sukses di smartphone android kalian.

Begitulah cara menjalankan codeigniter di smartphone android, untuk para pemula memang cocok sekali mempelajari ini pada smartphone android.

Mohon maaaf bila ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna.

Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.