Cara Menggunakan Phpmyadmin Di Android


Bertemu lagi dengan saya teman-teman, tidak ada habisnya saya memberikan tutorial ilmu teknologi android, karena apa yang saya lakukan dan berhasil pasti akan saya bagikan kepada teman-teman semuanya, jadi kalian tidak usah khawatir tentang suatu ilmu, karena ilmu itu terlihat dan mudah di pelajari jika kita ada niat untuk mempelajarinya.

baik, kali ini saya akan membahas cara menggunakan web server atau KickWeb Server di android, kalian pasti sudah tahu mengenai apa itu phpmyadmin, oke silahkan lanjut baca di bawah ini.

Kalian bisa juga membuat database mysql di smartphone android jika kalian tidak memahami kode untuk membuat database mysql, untuk mencobanya kalian bisa membacanya disini.

Phpmyadmin merupakan suatu web server database, kalian bisa lihat di komputer atau laptop kadang ada seseorang yang menginstall phpmyadmin di laptop atau komputernya yang berfungsi untuk mengolah atau memanipulasi database mysql, ini biasanya paling banyak dimiliki oleh seorang programer dan aplikasi KickWeb Server sama dengan aplikasi phpmyadmin.

Dengan phpmyadmin, kita dengan mudah mengolah database mysql yang juga dilengkapi username dan password pengguna, kita juga bisa membuat database, menghapus database, atau pun mengedit database mudah dengan phpmyadmin.

Tidak jarang orang yang menggunakan phpmyadmin sebagai pengolah database, bahkan saya sendiri juga menggunakanya, namun saya menggunakanya di android, dan kalian akan melihat bagaimana phpmyadmin bekerja di android kalian.

Kalian pasti sudah tidak sabar ingin memulai langkah-langkahnya, tapi sebelumnya bukan maksud saya menulis panjang lebar hanya untuk basa basi, tapi untuk memperjelas apa yang saya posting disini, karena setiap pembahasan tutorial memiliki penjelasan yang harus jelas, juga makna yang harus bisa dimengerti oleh pembaca.

oke, kalian siap memulai tutorialnya, ayo kita mulai sekarang.

1. Pertama kalian membutuhkan suatu aplikasi di android kalian, tentu saja nama aplikasinya adalah KickWeb Server, aplikasi ini sama dengan aplikasi phpmyadmin, kalian bisa download di play store, untuk segala keperluan aplikasi android yaitu play store.

2. Masuk ke aplikasi KickWeb Server dengan cara menggeser icon biru ke kanan dan klik menu titik tiga di sebelah kanan atas kemudian klik Go to phpMyAdmin maka akan masuk ke dalam form pengisian username dan password, berikan username nya root dan password nya tidak usah diisi.

3. Kemudian buat sebuah database di aplikasi KickWeb Server di android dengan klik new disebelah kiri dan berikan nama terserah kalian.

4. Kemudian hubungkan url database di script program web kalian ke aplikasi KickWeb Server di android, untuk masing-masing bahasa pemrograman, cara menghubungkan url ke aplikasi KickWeb Server mungkin berbeda beda.

Disini saya mencoba memakai bahasa python dan sqlalchemy, dan untuk menghubungkan url nya adalah seperti ini SQLALCHEMY_DATABASE_URI = 'mysql+pymysql://username@password/Database'

5. Dan yang terakhir, jika kalian ingin mengubah username dan password, kalian harus masuk terlebih dahulu ke KickWeb Server dan ketika script url program web kita sudah dihubungkan ke aplikasi KickWeb Server, maka database akan terlihat.

Mudah sekali ya teman-teman, pastinya sudah tahu lah cara menghubungkan database ke phpmyadmin, sebenarnya memang caranya sama persis kok seperti kita menggunakanya di laptop atau pun komputer.

Demikian tutorial kali ini, begitulah cara menghubungkan database program web dengan android, semoga bisa menjadi bermanfaat bagi kalian semua.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan, karena tidak ada manusia yang sempurna dan jangan lupa untuk saling sharing agar yang lain juga ikut belajar.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.