Install php, ruby, golang, erlang di android


Hallo semuanya, dalam postingan kali ini saya akan membahasa tentang cara install bahasa pemrograman php, ruby, golang dan erlang di android, caranya sangat mudah sekali tidak perlu memakai ini itu hanya cukup memerlukan sebuah aplikasi dan apakah kalian tahu aplikasi apa?
ya, termux tentunya.

Seiring berjalanya waktu, untuk belajar atau memang mau membangun proyek kecil, kita bisa menggunakan android untuk memulainya, karena pada dasarnya android adalah sistem operasi berbasis linux, jadi sama seperti komputer atau laptop kita dengan mudah melakukan aktivitas coding di smartphone android menggunakan termux.

Saya pun menggunakan termux untuk membuat program dan lain-lain, karena termux merupakan terminal android yang terbaik yang pernah saya jumpai, memang sih banyak terminal lainya namun tetap saja termux merupakan terminal kesukaan saya.

Termux adalah suatu terminal linux yang disediakan untuk android, termux hanya mendukung sistem operasi lolipop 5.0 ke atas, di bawah sistem operasi itu, termux tidak dapat dijalankan.

Penasaran bagaimana install bahasa pemrograman php, ruby, golang dan erlang di smartphone android?
ayo lihat bagaimana cara menginstallnya.

1. Pertama yang dibutuhkan adalah tentunya aplikasi termux, kalian bisa download di play store gratis, ketika kalian ingin melihat package apa saja yang bisa di install di termux, kalian bisa mengetikan apt list maka akan muncul semua package yang bisa di install di termux seperti bahasa pemrograman, database dan lain sebagainya, kalian bisa pilih satu persatu untuk di install.

2. Untuk menginstall sebuah package di termux, ketikan perintah pkg install <package>, contohnya adalah

pkg install php 
     atau
 pkg install ruby
     atau
pkg install golang
     atau
pkg install erlang

Atau kalian bisa lihat cara install python di android menggunakan termux, silahkan baca disini.

3. Dan yang terakhir, namun jika kalian ingin mencari sebuah package, ketikan pkg search <query>, contohnya adalah seperti ini pkg search php

Tentunya sangat mudah ya melakukan installasi package di smartphone android, karena termux memudahkan kita dalam penginstallan package, kecuali untuk package yang tidak terdaftar dalam list package yang tersedia, maka kita harus mencari cara lain untuk menginstallnya.

Jangan install semuanya, install lah packages yang diperlukan dan ingin digunakan, penginstallan package juga memakan memori jadi semakin banyak kalian menginstall package maka semakin banyak juga memori yang terpakai, jadi tidak usah install yang tidak perlu soalnya nanti memori berkurang cuma-cuma kan.

Demikian postingan kali ini
semoga bermanfaat untuk kalian semuanya dan jangan lupa saling share untuk memperbanyak ilmu.

Mungkin begitulah cara-caranya, semoga kalian cepat mengerti sesudah membaca postingan saya, mohon maaf bila ada kesalahan atau pun penjelasan yang kurang karena setiap orang berbeda-beda, sekian dan terima kasih.