Cara melihat source code suatu situs web dengan android


Hallo teman-teman berjumpa lagi bersama saya, kali ini saya akan membahas tentang cara melihat kode sumber suatu situs web seperti google, facebook dan lain-lain, jangan sampai ketinggalan ikuti terus tutorialnya dibawah ini.

Mungkin bagi teman-teman saat sedang berselancar di internet lalu melihat suatu situs yang tampilanya dinamis atau keren, kalian ingin melihat source code atau kode sumber dari situs yang kalian kunjungi.

Dengan android, kita jadi bingung bagaimana kita bisa melihat source code di suatu situs web
tapi dengan android pula, bahwa tidak ada yang tidak mungkin, kita bisa melihat kode sumber seperti kita memakai komputer atau pun laptop.

Nah, bagi teman-teman tidak perlu khawatir tidak bisa melihat kode sumber dan tidak masalah jika teman-teman hanya memakai android dan jangan khawatir untuk tidak bisa melihat kode sumber suatu situs.

Sekarang ini saya akan membagikan cara melihat kode sumber suatu situs web di android, jadi kita bisa belajar dengan kode sumber tersebut. baiklah langsung saja ya mulai, ikuti tutorial di bawah ini.

Untuk bisa melihat kode sumber di android, yang pertama tentunya kita membutuhkan aplikasi yang harus kita dapatkan di playstore, nama aplikasinya adalah VT View Source kalian bisa mendapatkannya di play store, aplikasi ini berfungsi untuk seperti yang telah saya jelaskan diatas yaitu untuk melihat kode sumber suatu situs web.

Setelah installasi selesai, buka aplikasi VT View Source dan di tampilan pertama kalian akan di suruh memasukan alamat atau link situs web yang ingin dilihat kode sumber nya.

Kalian bisa melihat contoh di bawah ini untuk memasukan alamat url suatu situs yang ingin di lihat kode sumbernya.

Saya contohkan untuk melihat kode sumber dari situs google, maka kalian harus membuka google di browser kalian dan copy alamat url google kemudian kalian buka aplikasi VT View Source dan paste kan url yang sudah di copy dan tekan ok.

Ini akan loading dan kita bisa tunggu sebentar, loading juga tidak membutuhkan waktu yang lama, mungkin juga tergantung pada banyaknya kode sumber yang ingin kita lihat.

Setelah loading selesai maka dalam aplikasi akan menampilkan kode sumber google yang ingin di lihat.

Gambar di atas terlihat betapa banyaknya kode sumber sebuah website yang tak lain adalah website google seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Gunakan langkah yang sama saat kalian ingin melihat kode sumber situs web lainya, kalian lihat di atas jika ingin melihat source code suatu situs web maka hanya menggunakan url situs yang ingin di lihat source code nya seperti yang sudah di jelaskan.

Bagaimana teman-teman, sangat mudah sekali kan, tujuan melihat kode sumber adalah kadang seseorang yang sedang belajar html ingin tahu bagaimana kode sumber suatu situs di buat.

Kemudian ingatlah jangan di jadikan sebagai copy paste saat kalian membuat proyek kalian sendiri, tapi gunakanlah kode sumber tersebut sebagai pembelajaran saja.

Karena bagaimana pun yang namanya copy paste itu jahat. coba bayangkan saja, kita sudah lelah bikin aplikasi, ternyata ada aplikasi lain yang source codenya sama persis kaya kita, karena mereka telah mengcopynya, jadi kita pasti kesel.

Nah maka dari itu kita harus bisa menjadi diri sendiri, setidaknya bisa mengembangkan sumber kode tersebut atau membuatnya walau dari nol.

Demikian cara melihat source code di suatu situs web dengan android, semoga kalian cepet paham dengan semua tutorial yang sudah saya bagikan dan saya senang berbagi dan berbagi adalah hobby saya.

Perbanyaklah ilmu tapi perbanyak juga berbagi ilmu, jangan jadi kaya ilmu tapi pelit, jadilah pintar namun selalu memberi pengetahuan kepada orang yang membutuhkan pengetahuan.

Mohon maaf bila ada suatu kesalahan dalam penulisan atau penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna, jangan lupa saling sharing agar orang-orang lainya juga ikut belajar mengenai tutorial ini.

Ok itu saja yang bisa saya tulis semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.