Cara upload file ke situs web menggunakan android


Saat kita ingin menambahkan suatu informasi ke dalam situs milik kita sendiri kita harus mengupload file yang kita inginkan seperti gambar atau file jenis lainya untuk melakukan update ke dalam situs kita.

Saya juga sering melakukanya untuk mengupload file ke dalam situs milik saya sendiri, namun kali ini dalam postingan ini saya akan membahas tentang cara upload file di situs web menggunakan android.

Dulu saat kita ingin mengupload file ke dalam situs milik kita sendiri kita membutuhkan komputer atau pun laptop karena pada dasar nya hanya dengan komputer atau laptop kita dapat mengupload file ke dalam situs kita.

Untuk orang-orang yang tidak memiliki laptop atau komputer sama sekali bisa menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan tapi sekarang berkat adanya android kita dapat upload file ke dalam situs kita menggunakan android bahkan mengunduh file yang sudah di upload ke dalam situs milik kita sendiri.

Disini kita akan belajar upload file menggunakan file transfer protocol di android, apa file transfer protocol, file transfer protocol adalah sebuah protocol internet yang berjalan dalam lapisan aplikasi, ini biasa nya digunakan untuk pengiriman berkas atau file komputer menggunakan jaringan internet.

Dengan file transfer protocol (FTP) kita bisa mengupload file ke dalam situs kita atau pun mengunduh file yang sudah ada di dalam situs kita untuk melakukan update atau pun pembaruan.

Nah keren juga yah teknologi sekarang ini, semua yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin, semakin penasaran kan bagaimana caranya, mau tahu apa mau tahu banget, baik ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Dapatkan aplikasi ES Penjelajah di play store kalian, aplikasi ini yang akan digunakan untuk mentransfer file ke dalam situs milik kita sendiri, aplikasi ini juga adalah aplikasi file manager yang telah di lengkapi ftp.

Setelah kalian berhasil menginstall dan menginstall es penjelajah file manager, kemudian kalian buka aplikasinya dan klik menu sebelah kiri di pojok atas, disana kalian akan melihat banyak pilihan.

Kemudian pilih jaringan, pilih lagi FTP dan klik baru di pojok kanan atas dan ada pilihan lagi, kemudian karena kita akan menggunakan ftp maka pilih saja ftp, karena tutorial ini adalah cara upload file ke situs web milik sendiri dengan ftp seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Dalam tampilan aplikasi seperti yang sudah saya jelaskan di atas kalian bisa melihat berbagai kotak pengisian seperti server, port, nama pengguna dan kata sandi.

Masukan nama server, nama pengguna dan kata sandi kalian kemudian klik tombol ok maka akan menncoba menghubungkan ke ftp, tunggu saja sebentar karena ini membutuhkan koneksi internet dan kecepatan upload dan unduh file dalam ftp juga tergantung koneksi internet anda, dan kemudian untuk bisa mengupload atau mengunduh file bisa langsung masuk ke ftp anda.

Android memudahkan kita melakukan sesuatu yang kita butuhkan, tidak sedikit orang melakukan kegiatan seperti saat melakukan kegiatan di komputer atau laptop hanya dengan android.

Begitulah cara mengupload file di situs milik kita sendiri dengan android, caranya memang sama persis seperti menggunakan komputer atau pun laptop.

Hanya saja dalam tutorial ini kita hanya menggunakan hp atau smartphone android untuk melakukan upload file di situs web milik kita sendiri, dan tentunya saya sudah melakukanya dan berhasil, namun untuk kalian yang mau mencoba silahkan di coba.

Dengan android belajar menjadi mudah dan menyenangkan, mungkin di masa depan android akan sama persis seperti komputer atau pun laptop dan mungkin bisa jadi bisa tidak tapi tidak ada yang tidak mungkin dalam pikiran seorang manusia untuk membuat teknologi android yang lebih modern.

Jadi tidak perlu bingung lagi untuk android, karena sudah tersedia berbagai macam aplikasi yang sangat hebat yang ada di dalam playstore, contohnya seperti aplikasi dalam postingan ini.

Saya juga melihat banyaknya anak muda seperti pelajar sma yang sangat gemar bermain android, hingga mereka mungkin sangat pintar dalam menggunakan suatu aplikasi android, karena mereka tahu bahwa belajar akan membuat sesuatu yang besar.

Baik, terima kasih sudah berkunjung ke w3wandroid.blogspot.com saya sangat senang anda bisa membaca apa yang saya bagikan, dan saya pun berharap bisa menjadi bermanfaat untuk anda semuanya.

mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna.

Jangan lupa juga untuk saling sharing kepada orang lain agar orang lain juga tahu cara upload file di situs web menggunakan android, sekian dan terima kasih.