Cara mengatasi error di android


Smartphone android yang error disebabkan oleh suatu sistem yang rusak, sehingga terkadang smartphone android tidak berjalan dengan baik dan efek kerusakan suatu sistem di smartphone android akan menjadi lebih parah jika tidak diperbaiki secepatnya.

Beberapa error yang pernah saya rasakan adalah tertimpanya atau terhapusnya file sistem dalam suatu directory penyimpanan smartphone androd, sehingga menjadi masalah yang sangat besar yaitu seperti smartphone android jadi lag atau lemot, force close, bootloop dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan dalam postingan kali ini yang membahas cara mengatasi smartphone adndroid yang error, dengan postingan ini kita bisa belajar bersama-sama dan mengetahui penyebab dari error yang terjadi pada suatu smartphone android, lanjutkan membaca dibawah ini.

Apakah kalian pernah mengalami ketika kalian membuka suatu aplikasi namun aplikasi yang kalian buka error atau tiba-tiba aplikasi yang kalian buka langsung keluar sendiri atau sering disebut force close, itu adalah salah satu error yang terjadi pada smartphone android yang terkadang disebabkan oleh cpu dan ram smartphone android yang kurang untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa juga membaca cara menambah ram di android.

Namun bukan hanya itu saja penyebabnya, dalam beberapa hal lain penyebab suatu aplikasi android bisa force close mungkin dikarenakan spesifikasi smartphone android kalian tidak compatible dengan aplikasi dengan kata lain aplikasi yang ingin kalian gunakan pada smartphone android kalian sangat tidak cocok untuk digunakan pada spesifikasi smartphone android kalian, dan tentunya kita harus menghapus aplikasi tersebut untuk memperbaiki error yang terjadi.

Koneksi internet juga memang diperlukan untuk membuka suatu aplikasi yang memang membutuhkan koneksi internet, ada juga ketika kita ingin membuka aplikasi tersebut.

Walau kita sudah mengaktifkan koneksi internet namun masih saja error atau force close itu dikarenakan mungkin koneksi internet kalian sedang mengalami gangguan sehingga bisa membuat aplikasi force close, karena dalam beberapa aplikasi yang besar tentu membutuhkan kecepatan koneksi internet yang besar juga.

Masalah hardware pun sangat banyak terjadi, mungkin karena hardware smartphone android kalian juga kurang mendukung, jadi lebih baik kita mengetahui apa aplikasi yang akan kita install dan jalankan pada smartphone android kita sehingga kita tidak mengalami error.

Kemudian jika smartphone android yang kalian gunakan terasa sangat lag, ini juga yang merupakan salah satu error yang terjadi pada smartphone android.

Ketika kita menggunakan smartphone android kita dan kemudian terasa sangat lag walau pun bolak-balik menu saja, tentunya itu akan sangat membuat kita marah bahkan ketika kita ingin membalas suatu pesan darurat dan smartphone android terasa lag, sepertinya ingin membuat kita untuk membanting smartphone android tersebut.

Namun untuk mengatasi lag atau lemot yang terjadi di smartphone android adalah dengan melihat kapasitas ram yang telah kalian gunakan, apakah masih memiliki banyak ruang atau pun hampir habis, ini yang sering terjadi pada smartphone android yang lemot, apa lagi jika smartphone android kita hanya memiliki ram 256 dan kita mencoba menginstall banyak aplikasi yang besar, tentu itu adalah suatu masalah sehingga pada akhirnya lag atau lemot dirasakan.

Ram adalah random access memory yang berguna untuk menjalankan suatu aplikasi yang dijalankan, tentu saja jika smartphone android kita telah kehabisan ram biasanya akan terjadi lag atau lemot dan bahkan bisa terjadi seperti yang sudah saya dijelaskan di atas yaitu force close.

Jika dalam smartphone android kalian terasa sangat lag atau lemot maka tenang saja, kalian bisa mengatasinya dengan cara mematikan smartphone android kalian dan kemudian nyalakan kembali atau biasa disebut restart.

Kemudian hapus atau copot lah aplikasi yang besar atau tidak berguna agar ram pada smartphone android kalian memiliki ruang yang banyak untuk bisa menjalankan suatu aplikasi yang ingin kalian jalankan.

Lag atau error yang terjadi pada smartphone android juga bisa disebabkan karena kalian telah mengupgrade os android ke yang lebih tinggi, jadi tidak semua smartphone android ketika os di upgrade akan membaik, bahkan ada juga yang lag atau lemot karena kalian telah mengupgrade os android ke yang lebih tinggi.

Kemudian tentang error bootloop yang sering terjadi pada smartphone android, ketika mematikan smartphone android namun ingin menghidupkanya kembali, dalam tampilan smartphone android hanya mengeluarkan logo android yang sangat lama, walau pun kita menunggu sampai seribu tahun lamanya juga tidak kunjung selesai, itulah bootloop yang merupakan error yang lumayan bermasalah.

Bootloop bisa terjadi ketika kita sedang berurusan dalam suatu sistem smartphone android, contohnya adalah ketika kita memasang tampilan baru pada smartphone android atau biasa disebut sebagai custom ROM, dalam suatu file sistem smartphone android bisa saja tertimpa atau terhapus atau rusak sehingga smartphone android mengalami bootloop.

Namun untuk mengatasinya lumayan susah karena error bootloop di smartphone android terkadang bisa diperbaiki lewat pc atau komputer atau juga bisa langsung lewat smartphone android itu sendiri dengan cara masuk ke recovery, namun itu merupakan masalah error yang masih di bilang ringan.

Kemudian ada juga error bootloop yang tidak bisa diperbaiki lewat smartphone android itu sendiri, error ini merupakan error yang berat karena kita membutuhkan suatu pc atau komputer untuk memperbaiki error bootloop yang terjadi pada suatu smartphone android.

Bahkan ketika suatu smartphone android mengalami error bootloop, terkadang ada juga sebuah error bootlop pada smartphone android yang tidak bisa diperbaiki, jika sudah seperti itu cara mengatasinya adalah untuk membeli smartphone android yang baru.

Saya rasa tidak semua error pada smartphone android benar-benar bisa diperbaiki, seperti yang sudah saya jelaskan di atas error pada smartphone android memiliki type yang bermacam-macam dari mulai lag atau lemot, force close, bootloop.

Bahkan masih sangat banyak error lainya yang bisa terjadi pada smartphone android, maka dari itu kita harus menggunakanya dengan hati-hati dan jangan sampai error itu terjadi pada smartphone android kita.

Demikian postingan kali ini, mohon maaf bila ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna, mungkin begitulah postingan kali ini yang membahas error pada smartphone android, jangan lupa saling sharing agar orang lain bisa belajar juga.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.