Cara Install Sqlite3 Di Android


Berjumpa lagi bersama saya, kali ini saya akan memberikan tutorial cara install atau menggunakan database sqlite3 di smartphone android yang merupakan database yang terbilang sangat mudah dipelajari untuk para pemula.

Cara-caranya memang sangat mudah dan juga sqlite3 ini sangat cocok dipelajari untuk pemula yang pertama kali mengenal database, jadi kalian bisa belajar megolah database dengan sqlite3 ini.

Dalam beberapa waktu yang lumayan dekat atau kemarin-kemarin saya sudah membagikan cara menggunakan atau membuat database mysql di smartphone android bahkan dengan cara yang lebih mudah sekali pun, nah sekarang ini adalah giliran database sqlite3.

Saya tidak akan menjelaskan secara detail mengenai apa itu sqlite3 atau database dan jika kalian ingin tahu tentang itu maka kalian bisa mencoba membacanya di berbagai sumber yang tersedia, namun pastinya kalian sudah mengerti sedikit apa itu sqlite3, karena dalam postingan ini hanya menjelaskan cara penggunaanya saja.

Oke jika kalian sudah siap memulai tutorialnya, kita akan langsung melanjutkan di bawah ini, simak baik-baik agar mudah untuk memahami.

Pertama, kalian harus memiliki suatu terminal yang mendukung installasi sqlite3 yang tak lain adalah terminal termux dan tentunya kalian juga sudah tahu apa itu termux, kalian bisa mendapatkanya di playstore.

Kedua, jika kalian sudah menginstall termux di smartphone android kalian maka cara untuk menginstall sqlite3 sangat mudah, kalian hanya harus mengetikan di termux pkg install sqlite dan kemudian enter.

Tunggulah sebentar karena intallasi sqlite3 di termux tentu saja tidak membutuhkan waktu yang lama tapi hanya beberapa detik saja namun itu jika koneksi internet kalian membaik.

Ketiga, dan sqlite3 pun berhasil di install pada smartphone android kalian, sekarang saatnya untuk menjalankan sqlite untuk mengetes apakah sudah berjalan dengan baik atau belum.

Keempat, ketika kita ingin membuat database maka ketikan di termux sqlite3 database.db dan enter maka database bernama database.db langsung dibuat.

Kelima, untuk membuat tabel dalam database.db bisa mengetikan di termux.

CREATE TABLE user (ID INT PRIMARY KEY NOT NULL, USERNAME TEXT NOT NULL);

Perintah di atas adalah perintah untuk membuat tabel dalam sebuah database, karena di atas saya buat tabel user maka otomatis tabel user dibuat dengan column ID dan USERNAME.

Keenam, setelah kalian sudah membuat tabel dan selanjutnya adalah memasukan sebuah nilai dalam column ID dan USERNAME yang terdapat pada tabel user, masukan nilai dengan cara mengetik di termux.

INSERT INTO user(ID, USERNAME)VALUES (1, 'https://w3wandroid.blogspot.com');

Perintah diatas adalah untuk memasukan nilai dalam column ID dan USERNAME yang terdapat pada tabel user.

Ketujuh dan yang terakhir, untuk menampilkan nilai dalam column ID dan USERNAME yang terdapat pada tabel user maka bisa ketikan di termux.

SELECT * FROM user

Perintah di atas adalah perintah untuk menampilkan isi tabel user yang terdapat pada database.

Oke sekiranya sudah cukup saya menjelaskan, kalian bisa mempelajari sqlite3 di smartphone android dengan mudah dalam postingan ini atau jika kalian rasa masih tidak cukup maka kalian bisa lanjut membacanya di berbagai sumber yang tersedia.

Mohon maaf bila ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna dan jangan lupa untuk saling sharing kepada yang lainya.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.