Deploy Heroku Dengan Python Flask Di Android


Hallo teman-teman semuanya, berjumpa lagi bersama saya yang kali ini dalam postingan ini saya akan membahas cara deploy heroku dengan python flask di android, ini bertujuan untuk belajar mengenai web developer.

Sebelum memulai kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu heroku, lebih tepatnya heroku adalah web hosting yang bisa dipakai macam-macam bahasa seperti halnya python, php, node.js dan masih banyak lainya.

Saat kalian ingin mempush aplikasi kalian ke heroku, tentunya juga membutuhkan file bernama Procfile yang berisi seperti ini web: gunicorn app:app yang diletakan dalam folder utama aplikasi kalian.

Heroku juga membutuhkan file requirements.txt yang berisi daftar dependensi modul yang perlu dipasang, tanpa kedua file di atas kalian akan mendapatkan error dalam aplikasi atau tampilan di browser kalian.

Setelah aplikasi di unggah di heroku kemudian kalian bisa langsung mengetikan alamat url kalian di browser, dan keren sekali aplikasi yang telah kita unggah di heroku langsung akan online dan terpublikasi.

Namun kali ini dalam tulisan ini saya ingin berbagi keberhasilan penyebaran heroku melalui android dan tentu sangat cocok sekali untuk seseorang yang ingin belajar web developer seperti saya.

baik apakah kalian sudah siap untuk tutorialnya?
ayo, kita mulai sekarang.

1. Untuk yang pertama tentunya kalian harus membuat sebuah akun heroku di situs heroku, disini saya anggap kalian telah memiliki akun heroku.

2. Install heroku toolbelt.
untuk install heroku toolbelt kalian bisa melihat di website heroku sesuai langkah-langkahnya, namun saya sudah mencoba install menggunakan perintah wget, apt-get dan pkg di termux namun gagal.

Lalu saya mencari cara untuk menyelesaikan masalah ini, dan akhirnya saya install heroku toolbelt menggunakan perintah npm install -g heroku-cli dan heroku toolbelt berhasil di install di smartphone android.

Tapi sebelum itu kalian harus install nodejs terlebih dahulu karena heroku toolbelt akan di install di smartphone android kalian menggunakan perintah npm atau ketikan perintah berikut di termux.

$ pkg install nodejs

Jika nodejs sudah terinstall dalam sistem termux kalian, sekarang saatnya untuk menginstall heroku toolbelt dengan cara mengetik.

$ npm install -g heroku-cli

3. Setelah heroku toolbelt berhasil di install, selanjutnya adalah login ke heroku melalui termux dengan mengetik.

$ heroku login

4. Kalian akan di suruh memasukan email dan password akun heroku yang telah kalian daftarkan, masukan saja email dan password yang sudah di daftarkan di heroku.

5. Jangan lupa masuk ke dalam folder utama aplikasi kita dan kita harus membuat folder aplikasi di heroku dengan mengetik.

$ heroku apps:create NamaFolderAplikasi Anda

Ini akan membuat sebuah folder yang akan berisi file dan folder aplikasi kita yang akan kita push.

6. Kemudian kalian buat subdirectory baru bernama .git, tapi sebelumnya kalian harus berada dalam folder utama aplikasi kalian, kemudian ketikan di termux.

$ git init

7. Yang ke tujuh, disini kalian harus remote git heroku dengan mengetikan perintah di termux.

$ heroku git:remote -a NamaFolderAplikasiAnda


8. Kemudian ketik lagi di termux untuk menambahkan project kita yang akan kita push dan untuk menetapkan perubahan.

$ git add .
$ git commit -m "Selesai"

9. Yang terakhir kita push aplikasi kita ke folder aplikasi yang sudah di buat di heroku dengan mengetikan perintah berikut.

$ git push heroku master

Lihatlah di browser kalian dengan nama aplikasi heroku kalian, dan kalian akan melihat betapa menakjubkanya heroku membuat aplikasi kita online dalam sekejap.

Jika kalian mengalami error dan aplikasi kalian tidak tampil saat cek di browser kalian bisa melihat error dalam heroku, bisa ditangani dengan mengetikan perintah

$ heroku logs

Maka akan muncul error yang terjadi dan kebanyakan disebabkan oleh script yang kita buat seperti halnya salah penulisan, lupa memasukan modul depensi ke file requirements.txt dan sebagainya, saat aplikasi kita sudah online dan kita ingin memperbarui kita tinggal mengetikan perintah.

$ heroku login
$ heroku git:clone -a NamaFolderAplikasiAnda

Ubah aplikasi yang sudah di clone untuk di perbarui, dan kemudian untuk push kembali ke heroku bisa mengetik perintah berikut.

$ cd aplikasisaya
$ git add .
$ git commit -am "Di Ubah"
$ git push heroku master 

Cukup panjang juga yah teman-teman, ikutilah sedikit demi sedikit, yang namanya permulaan pastilah susah tapi kalau sudah bisa terasa gampang kan.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca, saya sudah praktek dan berhasil, jika ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam penjelasan mohon maafkan karena tidak ada mausia yang sempurna.

Silahkan di coba di smartphone android kalian dan silahkan dikoreksi, sekian dan terima kasih.