Cara install python flask di android


Selamat datang kembali di blog w3wandroid.blogspot.com, sudah banyak artikel yang saya buat untuk anda semuanya ya, tentu saja berbagi adalah apa yang saya sukai.

Sekarang kita akan belajar cara install framework flask python di android, ngomong-ngomong soal flask, apa flask, mau tahu tentang flask, silahkan lanjut baca di bawah ini.

flask adalah micro framework yang ringan yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web, flask sangat cepat dalam pembuatan web dengan sintaxnya yang mudah di baca karena dengan python itu sendiri.

Dengan flask kita membuat web dari nol, tidak seperti yang lainya, folder dan filenya sudah tersusun rapi tapi dengan flask kita bisa menyusun sendiri susunan folder dan filenya.

Aplikasi web yang menggunakan flask framework antara lain adalah Linkedln, Pinterest dan lain-lain.

Misal kalian sudah berhasil menjalankan flask di android, maka kalian bisa membuat website dengan online atau baca juga cara membuat website python flask online DISINI.

Mungkin teman-teman sedikit tertarik kan untuk mencoba install python flask di smartphone android kalian, dan inilah tutorial membuat website di android menggunakan bahasa pemrograman python dan framework flask.

Oke tidak perlu berlama-lama kita langsung saja mulai tutorialnya.

1. Pertama download termux di playstore, untuk penggunaan termux sudah pernah saya posting dalam blog ini atau bisa baca tutorial termux android DISINI.

2. Install Python.
untuk installasi python sudah saya sharing dalam artikel sebelumnya
atau bisa lihat DISINI.

3. Install Virtualenv.
virtualenv adalah untuk menciptakan lingkungan virtual dimana semuanya terinstall sehingga installasi python pertama anda tidak terpengaruh, dan kalian juga tidak perlu akses root untuk melakukan installasi package.

Kemudian untuk menginstall virtualenv caranya sangat mudah, ketikan perintah berikut di termux untuk menginstall virtualenv.

$ pip install virtualenv

4. Install Flask.
untuk install flask anda bisa melakukanya secara mudah hanya dengan termux, sebenarnya caranya sama seperti menggunakan komputer atau pun laptop, hanya saja kita disini menggunakan smartphone android dan terminal termux untuk installasi framework flask.


$ pip install Flask

Termux sebagai terminal yang digunakan untuk installasi, server, dan lain-lain, sangat banyak juga package yang telah disediakan dalam termux.
dalam termux anda bisa memilih package apa saja yang ingin anda install untuk bisa digunakan, namun tidak semuanya tersedia, tapi saya rasa cukup untuk banyaknya package yang tersedia.

5. Kemudian anda bisa masuk ke directory root /data/data/com.termux/files/home
atau bisa dengan mengetik cd dan enter atau pun tidak perlu, karena saat pertama kali kita membuka aplikasi termux, kita sudah berada dalam direktori root atau sama halnya seperti yang sudah di tulis di atas, kemudian dalam direktory root itu anda bisa membuat sebuah folder bernama terserah anda saja, disini saya berinama flask

$ mkdir flask

6. Setelah anda membuat folder bernama flask kemudian anda langsung masuk ke folder yang sudah di buat tadi yaitu folder flask, cukup dengan mengetik

$ cd flask

7. Buat sebuah lingkungan virtual di dalam folder flask gunanya seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kemudian lanjut dengan mengetik perintah berikut

$ python -m venv flask

8. Buat sebuah file di dalam folder flask
beri nama file itu run.py yang akan berfungsi sebagai server dan isi script berikut.

from flask import Flask
from app import app
if __name__ == "__main__":
    app.run(debug=True)

Di atas kita bisa lihat debug di set ke True, maksudnya adalah jika kita mendapatkan error pada saat membangun web dengan flask ini, kita dapat dengan mudah untuk mengetahui penyebab dari error yang terjadi di halaman web dan juga tanpa anda membuat script di atas anda tidak akan pernah bisa menjalankan server pengembangan flask dengan kata lain flask tidak akan pernah berjalan di smartphone android anda.

Jadi jika debug di set ke False, jika ada error kita tidak dapat melihatnya di halaman web dan set ke False ini akan digunakan jika aplikasi kita benar-benar sudah siap di jadikan nyata.

9. Kemudian buat lagi folder di dalam folder flask bernama app, ketikan perintah di termux.

$ mkdir app

10. Masuk ke dalam folder app dan di dalam folder app buat lagi 2 file bernama __init__.py dan views.py.

File __init__.py berisi modul untuk flask yang akan kita gunakan, jadi ketika kita membutuhkan beberapa method flask seperti membuat database atau pun akses login kita bisa memasukanya dalam file __init__.py kemudian mengimport ke file lain.

File views.py fungsinya adalah untuk route, tanpa file views yang berisi sekumpulan method dan fungsi route flask tidak akan bisa tampil dalam browser.

11. Kemudian untuk membuat sebuah modul dasar flask anda bisa tulis script berikut dalam file __init__.py.

from flask import Flask
app = Flask(__name__)
from app import views

Kita lihat import views yang terakhir bermaksud mengimport file views dalam folder app setelah file __init__.py dijalankan terlebih dahulu, namun jika tidak, maka akan error karena sudah memang cara nya harus menjalankan file __init__.py terlebih dahulu.

12. Kemudian anda bisa tulis script berikut dalam file views.py seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

from flask import Flask
from app import app
@app.route("/")
def index():
    return "Hello, World!"

File ini berisi route untuk menghubungkan atau menciptakan sebuah alamat url di browser, untuk @app.route adalah untuk menghubungkan atau membuat route ke slash ("/").

13. Kemudian anda bisa menjalankan server flask di termux, sebelumnya jika anda ingin menjalankan server flask anda harus berada dalam folder flask yang terdapat file run.py karena file run.py adalah file yang berfungsi sebagai server pemgembangan flask, dan kemudian ketikan perintah berikut di termux python run.py.

14. kita bisa lihat di termux bahwa server flask berjalan dengan sukses, dan untuk yang terakhir anda bisa membuka browser anda dan kemudian memasukan alamat url di browser anda dengan menegetik localhost:5000

Dan lihat hasilnya, sekarang browser anda menampilkan tulisan "Hello, World!" yang berada dalam fungsi index dalam file views.py, jika tampilan dalam browser kalian yaitu hello world berarti kalian sudah sukses menjalankan framework flask python di android, seperti yang kalian lihat gambar di atas browser yang saya gunakan adalah browser chrome.

Cukup mengesankan untuk cara menjalankan framework flask di smartphone android, kira-kira bagaimana teman-teman, mudah sekali yah untuk menjalankan framework flask di android, dan setidaknya kita bisa tahu cara installasi dan menjalankan framework flask di android.

Demikian artikel kali ini semoga apa yang saya bagikan bisa menjadi bermanfaat untuk teman-teman semuanya dan terima kasih telah membaca tutorial cara membuat website dengan python flask di android, silahkan di coba di smartphone android kalian.

Mohon maaf bila ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam penjelasan karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna, sekian dan terima kasih.